Total Tayangan Halaman

Rabu, 06 Juli 2011

IDB .MCPS capai Pertumbuhan Nasional



STAIN Palu Bermohon 500  Milyar
Untuk Pengembangan Kampus II di Sigi
Palu, Warta STAIN. Demi mencapai pertumbuhan nasional yang seimbang dan inklusif,pemerintah Indonesia dan Islamic Development Bank membentuk The Member Country Partnership Strategy (MCPS).  Mulai dari tahun ( 2010 ), IDB bersama dengan pemerintah Indonesia telah memformulasikan untuk fokus kepada kerjasama pengembangan melalui pembentukan MCPS, Pembiayaan nasional untuk MCPS diperkirakan mencapai 3-3,5 miliar dollar AS untuk periode 2011-2014 . Pengembangan sektor swasta akan mendapat porsi yang terbesar dengan 34,7 persen. Diikuti oleh infrastruktur (26,3 persen), pendidikan dan keterampilan (19,8 persen), pertanian dan pembangunan pedesaan (17,5 persen).Berdasarkan propinsi yang menerima, dana tersebut akan dinikmati oleh Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi dengan porsi yang cukup besar yaitu 64 persen. Dalam tingkatan program MCPS, ketiga propinsi ini disebut sebagai Program Tingkat Wilayah. Sedangkan wilayah Jawa-Bali masuk ke dalam Program Regional.
STAIN Datokarama Palu yang berada di Wilayah Sulawesi dengan porsi bidang pendidikan diharapkan mendapatkan bantuan tersebut untuk pengembangan kampus kedepan. Percepatan pembangunan infrastruktur tiga tahun kedepan dan menyongsong peruabahan alih Status menuju IAIN.  STAIN Palu Mengajukakan Proposal bantuan ditujukan Islamic Development Bank adalah salah satu lemabaga bertujuan untuk membantu perguruan tiggi Islam dan perguruan yang lain dalam bidang pendidikan. Tembusan proposal ke Kemetrian Agama Pusat Jakarta dan sudah sebanyak tiga kali perbaikan berkas proposal. Menurut Ketua STAIN Datokarama ada lima Perguruan Tinggi Islam yang bermohon diantaranya STAIN Palu, STAIN Bangkablitung, STAIN Jember, STAIN Tulung Agung dan STAIN Samarinda Kelima perguruan tersebut sementara dalam proses daftar tunggu untuk menerima bantuan. Ia juga menambahkan di ruang kerjanya menjelaskan kita bermohon 500 juta Milyar untuk pembangunan kampus kita dan terutama di Kampus dua nantinya yang ada di Kabupaten Sigi luas areal tanah sekitar 14 hektar lebih akan dibangun ujarnya selasa 14/06. Pembangunan dalam mengunakan budget bertahap  selama tiga tahun untuk menghabiskan anggaran tersebut Dan pelaporan pertanggung pengunaan aggaran itu kepada Kementrian Keuangan Republik Indonesia sebagai bendahara Umum Negara. kita optimis dan berdoa agar permohonan bisa terealisasi.                                                                                                            
Negara –negara Anggota Islamic Developmant Bank(IDB):
Afghanistan, Albania, Algeria, Azerbaijan, Bahrain, Bangladesh, Benin, Brunei, Burkina Faso, Cameroon, Chad, Comoros, Djibouti, Egypt, Gabon, Gambia, Guinea, Guinea Bissau, Indonesia, Iran, Iraq, Jordan, Kazakhstan, Kuwait, Kyrgyz, Lebanon, Maldives, Mali, Mauritania, Morocco, Mozambique, Niger, Oman, Pakistan, Palestine, Qatar, Saudi Arabia, Senegal, Sierra Leone, Somalia, Sudan, Suriname, Syrian, Tajikistan, Togo, Tunisia, Turkey, Turkmenistan, Uganda, United Arab Emirates, Yemen(Nananag Insanun)

1 komentar: