Total Tayangan Halaman

Rabu, 06 Juli 2011

Wacana Kenaikan SPP STAIN

melonjak 20 Persen

“Asumsi harga SPP 20 persen adalah Jika Rp 600.000 Ribu di kalkulasikan dengan  1 semester dengan 6 bulan, maka harga SPP Rp 600.000  hanya di bebankan perbulannya kepada mahasiswa sebesar Rp 100.000 jika di asumsikan perharinya maka beban perharinya untuk di tanggung mahasiswa sekitar 3.000 ribu rupiah.” 
Laporan : Unggul Lakeng
WARTA.STAIN-  wacana Kenaikan SPP dalam tahun akademik 2011 ini sudah dalam rancangan penerapanya, bahkan wacana tersebut akan di gulirkan5 di meja senat sebagai dewan pemutus kebijakan.
Hal ini seperti di ungkapkan oleh ketua STAIN Datokarama Palu, Dr.H.Zainal Abidin, MA saat di temui media ini di ruang kerjnya,(rabu, 15/06) beliau menuturkan jika kenaikan SPP ini masih tahap wacana yang akan di gulirkan di meja senat,” wacana ini akan di bahas di senat dalam dekat ini.” Tuturnya.
Menurutnya arah persiapan kenaikan SPP yang di terapkan dalam kebijakan ini naik berkisar 20 persen dari SPP sebelumnya. “ kenaikan SPP akan melonjak pada harga Rp 600 ribu “ ungkapnya.
Saat di tanya mengapa kenakian langsung 20 persen tidak harus bertahap, Zainal Abidin menegaskan kenaikan 20 persen ini bukan tanpa beralasan tapi merujuk pada kepres persiden tentang penggaran biaya SPP di Perguruan Tinggi Islam yang mulai Rp 400 ribu, Rp 600 Ribu, Rp 800 ribu dan 1 juta.” Kita mengacuh dan mengikuti kepada peraturan, jika STAIN menaikan  hanya 10 persen berarti melanggar aturan pemerintah dan aturan 10 persen tidak ada landasan hukumnya. “ Tegasnya tersenyum.
Zainal Abidin mengungkapkan ada beberapa alasan yang harus di ambil STAIN dalam menaikan SPP di tahun 2011 ini, menurutnya SPP STAIN yang Rp 400 ribu yang selama ini di terapakan selama 10 tahun dan 10 tahun baru  ada kenaikan SPP, Banyaknya kebutuhan kampus yang harus di penuhi sehingga dana PNBP sebagai dana penambahan dari DIPA belum mencukupi dan SPP Rp 400 ribu kurang pas lagi di era sekarang  salah satu alasan naiknya SPP.” Ungkapnya.
Menurutnya  dalam hitungan ekonomi  kenaikan 20 persen masih dinilai murah, hitungannya seperti menabung, jika biaya SPP seharga Rp 600 ribu jika di kalkulasikan dengan jumlah 6 bulan maka  hitungan dalam perbualnya adalah 100 ribu, jika di kalkulasikan dalam perharinya maka mahasiswa hanya di bebankan sekitar Rp 3.000 rupiah. “ Jadi jika mahasiswa menabung dalam perharinya Rp 3000 selama 6 bualn maka sudah bisa membayar SPP satu semester.” Paparnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar